Pemicu Sakit Perut Samping Kiri dan Langkah Menanganinya

Pemicu Sakit Perut Samping Kiri dan Langkah Menanganinya

Sakit di perut samping kiri dapat disebabkan karena berbagai faktor. Ingat perut sisi kiri adalah lokasi berkumpulnya organ penting, seperti ginjal kiri, pankreas, usus besar (kolon), limpa, sejumlah kecil lambung, kelenjar adrenal dan sisi kiri hati. Pada wanita, tempat ini adalah lokasi untuk ovarium samping kiri.

Saat satu atau sejumlah organ itu alami masalah kesehatan, karena itu ini bisa memacu rasa ngilu perut samping kiri. Tetapi, sakit di perut sisi kiri biasanya dapat pulih sendirinya dalam kurun waktu 1-2 hari. Walau demikian, keadaan ini perlu tetap dicurigai sebab bisa menjadi adalah pertanda penyakit beresiko.

Silahkan ketahui lebih jauh apa pemicu sakit di perut samping kiri lewat pembahasan di bawah ini.

Pemicu Sakit Perut Samping Kiri

Ngilu perut samping kiri bisa disebabkan karena berbagai hal, dimulai dari divertikulitis, radang usus besar, sampai hernia. Walau visit here demikian, bukan mustahil keadaan ini disebabkan karena sejumlah kasus yang lain membutuhkan pemeriksaan selanjutnya oleh dokter.

Berikut masing-masing keterangan mengenai gangguan-gangguan kesehatan yang bisa memacu perut sakit samping kiri.

1. Divertikulitis

Beberapa kasus sakit di perut samping kiri bawah disebabkan karena divertikulitis, yakni infeksi pada divertikula (kantong-kantong kecil yang tercipta di usus besar). Gejala-gejala yang diakibatkan oleh divertikulitis diantaranya ngilu perut samping kanan atau kiri, demam, BAB berdarah, muntah dan mual. Keadaan ini bisa sembuh tanpa perawatan klinis, yakni secara istirahat dan membenahi pola makan.

2. Gastritis

Pemicu perut sakit samping kiri selanjutnya ialah gastritis. Keadaan ini terjadi karena ada infeksi, iritasi, atau pengikisan pada susunan lambung hingga muncul rasa ngilu pada tempat perut. Gastritis yang berkelanjutan umumnya disebabkan karena infeksi bakteri H.pylori, yakni bakteri yang serang susunan lambung. Selainnya ngilu perut, gastritis bisa mengakibatkan keluh kesah mual, muntah, dan perut berasa begah (penuh).

3. Pankreatitis (Radang Pankreas)

Pankreatitis ialah infeksi pada pankreas secara tiba-tiba. Pankreas sendiri adalah organdi segi kiri perut yang berperan menghasilkan beberapa enzim untuk mengolah makanan. Infeksi pada pankreas umumnya memunculkan keluh kesah perut sakit samping atas kiri sampai punggung. Keluh kesah itu akan makin berasa saat tiduran dan sesudah minum atau makan. Tanda-tanda lain dari pankreatitis ialah demam, perut berasa ngilu waktu dipegang, diare, mual, dan muntah.

4. Radang Usus Besar

Sakit di perut samping kiri bawah pada pria atau wanita bisa disebabkan karena radang usus besar. Selainnya mengakibatkan ngilu perut, infeksi pada usus besar bisa menyebabkan diare, pengurangan berat tubuh, kecapekan, sampai peralihan feses jadi berlendir atau stabilitasnya jadi lebih benyek. Sakit di perut sisi kiri umumnya akan menyusut sesudah pasiennya bab (BAB).

5. Angina
Angina ialah ngilu dada yang disebabkan karena minimnya saluran darah ke otot jantung. Selainnya ngilu dada, keadaan ini bisa memunculkan keluh kesah berbentuk ngilu perut samping atas kiri, leher dan rahang berasa tidak nyaman, kesan dada seperti diremas, mual, keringat dingin, dan napas sesak. Keluh kesah angina yang dirasa sebagai ngilu perut ini kerap dirasakan oleh pasien wanita lanjut usia, penderita diabetes mellitus, dan penderita penyakit jantung koroner (abnormalitas jantung karena penimbunan karies di arteri).

دیدگاهتان را بنویسید

نشانی ایمیل شما منتشر نخواهد شد. بخش‌های موردنیاز علامت‌گذاری شده‌اند *

سبد خرید

خروج
کاربر گرامی جهت مشاوره و خرید تلفنی با شماره : 36617522-021 تماس بگیرید
+

ورود

خروج

ستون کناری