KPU DKI Dengan Peningkatan 62 Ribu DPT Untuk Pilkada Jakarta 2024

Ketua Divisi Data dan Info Komisi Kegiatan Umum (KPU) DKI Jakarta Fahmi Zikrillah mengatakan, terdapat peningkatan Daftar Pemilih Konsisten (DPT) untuk Pilkada Jakarta 2024.

Hal ini diberi tahu Fahmi di acara Apel Kesiapan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih https://www.londoncallingband.com/ (Pantarlih) untuk pemilihan gubernur (Pemilihan) Jakarta di Jakarta Internasional Velodrom, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (24/6/2024).

“Ya ada peningkatan ya antara Pemilu 2024 lalu dengan Pilkada, apabila Pemilu 2024 lalu jumlah pemilih kita 8.252.897 pemilih,” kata Fahmi.

Menurut Fahmi, ada peningkatan DPT Pilkada Jakarta 2024 sebanyak 62 ribu. Peningkatan ditemukan KPU Jakarta berakhir melaksanakan sinkronisasi Daftar Penduduk Potensial Pemilih Kegiatan (DP4) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan DPT Pemilu 2024.

“Pada Pilkada mendatang jumlah DPT hasil sinkronisasi ya yaitu 8.315.669 sehingga ada peningkatan 62 ribuan pemilih,” kata ia.

Fahmi mengucapkan, peningkatan DPT Pilkada terjadi sebab adanya aktivitas kependudukan yang cukup tinggi di Jakarta. Oleh sebab itu, DPT Pilkada Jakarta 2024 masih bisa berubah.

“Karenanya kependudukan di Jakarta ini kan sungguh-sungguh dinamis ya. Hari ini mungkin ada 8.315.669 pemilih di Jakarta masuk di dalam daftar pemilih melainkan dalam seminggu atau sebulan ke depan lazimnya ada aktivitas kependudukan ada yang keluar, ada yang masuk, ada yang meninggal,” jelas ia.

Umum, lanjut ia, KPU DKI Jakarta bakal melaksanakan pencocokan dan penelitian (Coklit) dari rumah ke rumah untuk memutuskan data pemilih sesuai DPT yang ada.

“Perlu kita update dan memutuskan bahwa KPU memenuhi hak-hak konstitusional warga negara untuk mengaplikasikan hak pilihnya pada Pilkada DKI Jakarta nanti,” sebut ia.

KPU DKI Siapkan Pilkada Jakarta Dua Putaran
Komisi Kegiatan Umum (KPU) DKI Jakarta menyiapkan perencanaan tingkatan atau putaran kedua Pemilihan Jakarta 2024. Tahapan, Pemilihan dua putaran hanya dimilki Jakarta sebagai daerah khusus.

Hal ini diberi tahu Ketua KPU DKI Jakarta Wahyu Dinata dalam acara Peluncuran Pusat, Jingle, serta Maskot Pemilihan Jakarta 2024 di Sisi Selatan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Seputar, Sabtu malam (25/5/2024).

Acara ini juga dihadiri Komisioner KPU RI Betty Epsilon Idroos, August Mellaz, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta Jakarta Taufan Bakri, hingga jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

“KPU DKI Jakarta Jakarta juga sudah melaksanakan perencanaan tingkatan kedua dimana tingkatan ini hanya dilakukan di Provinsi DKI Jakarta sebagai kekhususan yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2024 Daerah Jakarta,” kata Wahyu.

دیدگاهتان را بنویسید

نشانی ایمیل شما منتشر نخواهد شد. بخش‌های موردنیاز علامت‌گذاری شده‌اند *

سبد خرید

خروج
کاربر گرامی جهت مشاوره و خرید تلفنی با شماره : 36617522-021 تماس بگیرید
+

ورود

خروج

ستون کناری