Kenapa harimau memiliki belang? Ini kata pakar

Kenapa harimau memiliki belang? Ini kata pakar

Saat harimau mengincar mangsa, umumnya saat senja atau fajar, mereka nyaris tidak kelihatan. Baik ada di padang rumput atau rimba, harimau liar memiliki warna oranye jelas dengan garis-garis hitam.

Bagaimana hewan dengan warna jelas ini dapat sembunyi secara bagus untuk memburu?

Jawabnya : penyamaran!

Harimau hijau?
Dalam tugas saya sebagai seorang dokter hewan, saya memerhatikan bagaimana berbagai ragam kulit, bulu, warna, bintik dan belang sudah berevolusi, bagus untuk menolong menarik pasangan atau sembunyikan kehadiran mereka

Penyamaran – atau “menyarukan warna” – membuat mereka bisa sembunyi, tanpa teridentifikasi.

Harimau ialah predator khusus dan rangking atas dalam rantai makanan, mereka tidak butuh sembunyi dari hewan yang lain ingin memakan mereka.

Mereka ialah karnivora – pemakan daging – dan tergantung ke kekuatan sembunyi untuk memburu.

Harimau tertolong oleh terbatasinya pandangan mangsa mereka. Rusa dan satwa yang lain tidak dapat menyaksikan banyak warna, seperti manusia yang buta warna.

Karena mereka cuma menyaksikan sedikit warna, mereka sanggup menyaksikan lebih bagus pada kondisi redup, tetapi ini membuat mereka sangat rawan pada gempuran predator.

Di mata mereka, kulit harimau tidak kelihatan warna oranye berpijar, tetapi warna hijau dan bersatu dengan alam.

Sembunyi dengan terbuka
Belang-belang pada harimau memiliki peranan yang terpenting. Garis atau belang vertikal yang mereka punyai, dalam warna cokelat sampai hitam, adalah contoh atas sesuatu yang disebutkan oleh beberapa pakar biologi sebagai masalah pewarnaan.

Garis-garis ini menolong harimau menyamar dengan beberapa pohon dan rumput-rumputan yang lebih tinggi.

Ini penting karena predator ini tidak memburu dalam barisan seperti singa, atau memiliki kecepatan tinggi seperti cheetah. Harimau adalah kucing yang penyendiri dan memercayakan kekuatan sembunyi dan penyamaran untuk tetap bertahan hidup.

Bentuk belang ini bervariatif antara 6 subspesies harimau. Harimau Sumatra memiliki belang lebih kecil dan banyak daripada lainnya. Ini menolong mereka untuk selalu terselinap di belantara rimba.

Unik seperti sidik jemari
Jika kita menyaksikan harimau yang tidak sama lebih dekat, kita akan mengetahui jika pola belang mereka sangat unik, sama dengan pola belang di zebra. Tidak ada yang masih sama, seperti sidik jemari manusia.

Ini membuat beberapa periset yang pelajari mereka di komunitas asli bisa mengenali dan hitung harimau. Mereka memakai camera jarak jauh untuk ambil photo hewan saat mereka lewat.

Dengan memakai sistem ini, beberapa pakar harimau memprediksikan cuma ada 3.400 harimau liar yang sekarang ada di Asia.

Tidak cuma kulit harimau yang dihias belang hitam. Saat kami harus membius click here harimau untuk menjaga cedera atau mengecek gigi mereka, kami harus cukur bulu mereka.

Kami selalu kaget menyaksikan kulit mereka, mereka memiliki pola yang masih sama pada kulit seperti warna bulu mereka; seolah-olah mereka memiliki tato!

دیدگاهتان را بنویسید

نشانی ایمیل شما منتشر نخواهد شد. بخش‌های موردنیاز علامت‌گذاری شده‌اند *

سبد خرید

خروج
کاربر گرامی جهت مشاوره و خرید تلفنی با شماره : 36617522-021 تماس بگیرید
+

ورود

خروج

ستون کناری